Sabtu, 04 April 2009

PERAN GERAKAN PRAMUKA INDONESIA


Generasi muda Indonesia merupakan penerus keberlanjutan bangsa ini. Dan oleh karena itu pembinaan, pegembangan dan pendidikanya harus diarahkan kepada penyiapan Generasi Muda sebgai kader-kader pemimpin bangsa yang mampu mewujudkan cita-cita kemerdekaan.

Krisis multidimensi di bidang ideology, politik, ekonomi, social, budaya dan pertahanan keamanan telah berpegaruh pada perubahan pola piker, pola sikap dan pola tindak generasi muda sehingga berkurangnya rasa kemanusian dan menurunya solidaritas social, yang telah menimbulkan berbagai konflik social, baik vertical maupun horizontal.

Ancaman lain yang dihadapi bangsa ini adalah menurunya rasa persatuan dan kesatuan bangsa di kalangan generasi muda, yang memerlukan upaya sunguh-sunguh, terus-menerus dan berkelanjutan dari seluruh komponen bangsa termasuk gerakan pramuka.

Gerakan pramuka merupakan wadah untuk mendidik dan membina generasi muda agar mereka menjadi manusia-manusia yang bertaqwa KEPADA Tuhan Yang Maha Esa, memiliki kepribadian yang tangguh, terampil dan berpegetahuan, sehat dan kuat jasmani serta rukun dan memiliki kesetiakawanan yang tinggi. Karena itu Gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok untuk menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggung jawab, dapat mengisi kemerdekaan dan ikut serta dalam pembagunan nasional.

Kegiatan Pramuka selama ini sudah masuk pada seluruh aspek kehidupan masyarakat Indonesia. Sayangnya, jika ditinjau dari aspek mutu dalam dua decade terakhir, Gerakan Pramuka mengalami penurunan yang amat pesat. Apa karena prinsip dan kegiatan Gerakan Pramuka tidak lagi menarik minat kaum muda atau karena tidak mampu menangkal dan menyelesaikan masalah kaum muda? Apa karena system yang terlalu mengikat? Atau……, karena orang dewasa terlalu menekat, tidak memberika kepercayaan dan kesempatan pada yang muda dan merasa tersaingi? Sehingga perlu di laksanakan REVITALISASI Gerakan Pramuka. Dengan revitalisa diharapkan Gerakan Pramuka dapat diterima dan diminati oelh kaum muda.

Oleh: Yhohannes Neoldy

Comments :

0 komentar to “PERAN GERAKAN PRAMUKA INDONESIA”


Posting Komentar

Pengurus DKC Tanah Datar Masa Ke masa

Album Kenangan Kwarcab Tanah Datar