Minggu, 07 Juni 2009

Kwarcab Tanah Datar kirim kontingen terbanyak ke Malaka



wartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Tanah Datar Minggu ini akan mengirim kontingen yang beranggota 97 orang ke Jambore di Melaka, Malaysia. Ini merupakan kontingen terbesar di antara kontingen lainnya dari Sumatra Barat yang akan mengikuti perkemahan di negara tetangga tersebut.
Kepala Kwarcab Tanah Datar Drs H Aulizul Syuib Msi selaku Pimpinan Kontingen menjelaskan, khusus peserta jambore dari Kwarcab ini sebanyak 82 orang dan peninjau delapan orang serta enam orang pembina pendamping. Diberikannya kesempatan anggota pramuka lebih banyak ambil bagian dalam kegiatan luar negeri sekarang, selain besarnya minat dan dukungan dari para orangtua mereka, waktunya bertepatan pula dengan libur sekolah.

Bagi peserta nanti akan dapat menimba pengalaman baru mengikuti perkemahan di luar negeri, karena nuansanya akan berbeda dengan kegiatan pramuka di negara sendiri. Apalagi dengan perkemahan tingkat daerah atau tingkat cabang. Dari segi istilah nama-nama kegiatannya saja berbeda. Contohnya, kalau di
Indonesia gerakan kepanduan ini disebut pramuka, di Malaysia namanya ‘Pengakap.’ Sedangkan Jambore ini di sana istilahnya ‘Jambori.’ Justru itu pertemuan besar kepanduan ini disebut ‘Jambori Pengakap Melaka Bersejarah ke-7’ . Pelaksanaannya di bumi perkemahan Bukit Katil 30 Mei - 4 Juni 2009.

Salah satu manfaat dari kegiatan tersebut adalah meningkatkan rasa persaudaraan di antara peserta. Bukan hanya dengan pengakap Malaysia, tetapi mungkin juga dengan pandu dari Thailand. Karena biasanya panitia juga mengundang pandu dari negara sekitar Malaysia. Sehingga bisa saling mengenal budaya masing-masing untuk lebih menumbuhkan saling pengertian antar anak bangsa. Sehingga bila ada di antara mereka yang jadi pemimpin nanti akan lebih bijaksana dalam menyikapi berbagai permasalahan yang timbul dengan ‘negara serumpun’ itu. Sementara itu, staf sekretariat Kwarda Sumbar, Asnorita mengatakan Kwarcab lainnya yang mengirimkan kontingen ke Melaka adalah Kota Padang, Payakumbuh, Bukittinggi, Kabupaten Pasaman dan 50 Kota. Namun tidak diungkapkan berapa jumlah anggota kontingen Kwarcab masing-masing.

Comments :

0 komentar to “Kwarcab Tanah Datar kirim kontingen terbanyak ke Malaka”


Posting Komentar

Pengurus DKC Tanah Datar Masa Ke masa

Album Kenangan Kwarcab Tanah Datar