Rabu, 09 Maret 2011

SAMBUTAN KETUA DEWAN KERJA CABANG GERAKAN PRAMUKA TANAH DATAR PADA MUSYAWARAH PRAMUKA PENEGAK DAN PANDEGA PUTERI PUTRA TAHUN 2011 SELASA, 08–03-2011

Bismillahirrahmanirrajiim,
Assalamu’alaikum wr, wb
Salam pramuka !

Yang terhormat ;
 Kakak ketua kwartir cabang gerakan pramuka 04 tanah datar
 Kakak-kakak pengurus kwartir cabang gerakan pramuka 04 tanah datar
 Kakak-kakak pengurus dewan kerja cabang gerakan pramuka 04 tanah datar
 Kakak-kakak panitia dan sangakerja musppanitera 2011
 Kakak-kakak peserta musppanitera 2011

Sebagai umat yang beragama, marilah kita senantiasa memanjatkan puji dan syukur kehadirat allah swt, yang selalu melimpahkan rahmat dan karunia-nya kepada kita semua, sehingga pada hari ini kita telah dapat melaksanakan kegiatan acara musppanitera tahun 2011. Semoga kegiatan ini akan menjadi momen yang lebih baik bagi dewan kerja cabang gerakan pramuka 04 tanah datar. Dan mudah-mudahan tuhan yang maha kuasa senantiasa memberikan upaya dan usaha yang kita lakukan, amin. Dan tidak lupa shalawat beserta salam kita sampaikan kepada allah swt untuk di sampaikan kepada nabi besar muhammad swt yang telah mencurahkan segenap kehidupannya demi kesejahteraan umat manusia.

Kakak pengurus kwartir cabang tanah datar dan peserta musppanitera yang berbahagia

Lahirnya gerakan pramuka, telah melewati suatu proses yang cukup panjang yang menuntut keteguhan hati, kebesaran jiwa, saling mengerti, konsisten terhadap tujuan mulia gerakan kepanduan, dengan sasaran yang cukup mendasar yaitu mendidik dan membina generasi muda agar menjadi manusia yang berkepribadian, berbudi pekerti luhur, bermoral tinggi, beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, berjiwa pancasila dan menjunjung tinggi kehormatan bangsa dan negara, serta ikut serta bertanggung jawab atas perkembangan bangsa dan negara.

Semangat persatuan dan kesatuan, patriotisme, kesetiakawanan,bergotong royong dan kebersamaan yang dimiliki gerakan pramuka tersebut dimanifestasikan kedalam kode kehormatan try satya dan dasa darma.

Kakak-kakak yang saya hormati,

Latar belakang pembentukan dewan kerja gerakan pramuka adalah gerakan pendidikan yang memiliki unsur pendidik dan peserta didik. Dalam kepanduan , yang tumbuh sebelum gerakan pramuka, terdapat pengurus-pengurus dari berbagai tingkatan yang diantaranya menempatkan suatu wadah bagi peserta didik dalam berlatih mengelola organisasinya untuk mencapi tujuan pendidikan kepanduan. Kebutuhan akan wadah pembinaan yang khusus bagi pramuka penegak dan pandega didasarkan atas,
1. Keyakinan adanya suatu system pembinaan yang berlaku dalam cara mendidik pramuka penegak dan pandega yaitu adanya konsep dari, oleh, dan untuk pramuka penegak dan pandega dengan bimbingan orang dewasa.
2. Kesadaran adanya kebutuhan bahwa pendidikan yang di selenggarakan bagi pramuka penegak dan pandega selain untuk pengembangan kemampuan dirinya secara pribadi juga untuk kaderisasi bagi pemimpin gerakan pramuka di masa mendatang.

Keterlibatan peserta didik usia pramuka penegak dan pandega pada awalnya dilaksanakan dalam batas turut membantu tugas-tugas menangani kegiatan yang berlangsung di kwartir, hal ini berlangsung sampai dengan tahun ke-6 usia gerakan pramuka. Perkembangan awal tersebut merupakan langkah penting yang diambil oleh kwartir mengingat pengecualian hak dan tanggung jawab bagi pramuka penegak dan pandega yaitu adanya peserta didik yang juga dilibatkan dalam pengelolaan kwartir. Sementara pada saat awal berdirinya gerakan pramuka hak dan tanggung jawab antara peserta didik dan orang dewasa masih dipisahkan dengan tegas, diantaranya pengelolaan kwartir adalah hak dan tanggung jawab orang dewasa.

Sejarah terbentuknya dewan kerja diawali dengan keputusan muker anpuda iii tahun 1966 yang menyatakan di tingkat kwartir perlu dibentuk wadah pembinaan dewan kerja yang mempunyai fungsi mengelola pramuka penegak dan pandega. Secara nasional, dewan kerja terbentuk melalui pertemuan pramuka penegak dan pandega puteri putera nasional ke 1 (perppanitera nasional) yang diselenggarakan di bogor pada tanggal 20-27 agustus 1969 bertempat di desa cimanggis, kecamatan cimanggis, kabupaten bogor-jawa barat. Salah satu tujuannya membentuk “dewan kerja pramuka penegak dan pandega nasional”. Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan “musyawarah kerja “ yang membahas tata kerja dan pengorganisasian dalam penggerakan pramuka penegak dan pandega, serta memilih kepengurusan dewan kerja pramuka penegak dan pandega nasional. Pada saat itu beberapa kwartir daerah telah memiliki wadah pembinaan seperti dewan kerja tetapi belum secara nasional diatur keberadaannya. Baru kemudian melalui pertemuan pramuka penegak dan pandega puteri-putera nasional ke 1 (perppanitera) diperoleh kesepakatan membentuk badan yang mengelola pramuka penegak dan pandega dalam kwartir yang disebut dewan kerja pramuka penegak dan pandega.

Dalam perppanitera nasional i yang diselenggarakan oleh dewan kerja pramuka penegak dan pandega dengan bimbingan andalan nasional disepakati bahwa untuk pengelolaan pramuka penegak dan pandega tidak diadakan pemisahan antara peserta didik putera dan puteri. Dasar pemikiran tidak diterapkannya system satuan terpisah dalam pengelolaan pramuka penegak dan pandega mengingat bahwa dewan kerja merupakan satuan gerak bukan satuan bina sekaligus disesuaikan dengan kebijakan nasional tentang pengorganisasian pengurus gerakan pramuka bahwa hanya ada satu organisasi gerakan kepanduan di indonesia. Tidak ada organisasi gerakan kepanduan putera saja atau puteri saja. Dalam perkembangannya, tata cara pengorganisasian dewan kerja telah dilakukan penyempurnaan-penyempurnaan kepengurusan dewan kerja, yang disesuaikan dengan perkembangan dan kebutuhan. Perubahan dalam setiap penyempurnaan tentang dewan kerja terutama dilakukan pada penekanan akan tugas, fungsi dan tanggung jawab, serta kedudukan dewan kerja di kwartir, yang pada dasarnya berkaitan dengan prinsip akan kedudukan dewan kerja sebagai peserta didik.
Anggota dewan kerja penegak dan pandega putera dan puteri dalam jajaran kwartir dipilih oleh musyawarah penegak dan pandega putera dan puteri jajaran kwartir yang bersangkutan kemudian disahkan dan dilantik oleh ketua kwartir yang bersangkutan. Masa bakti dewan kerja sama dengan masa bakti kwartirnya. Apabila ketua dewan kerja pramuka terpilih seorang putera, maka harus dipilih seorang puteri sebagai wakil ketua atau sebaliknya. Ketua dan wakil ketua dewan kerja pramuka adalah andalan yang membidangi ke dewan kerjaan
Kakak-kakak pengurus kwartir cabang gerakan pramuka yang kami hormati,
Kakak-kakak pramuka penegak dan pandega yang kami bangakan,

Perjuangan belum selesai kawan! Kebersamaan yang telah kita bina dipengunjung pengabdian kami sebagai dkc 2006-2011, disaat perhelatan akbar musppanitera kita yang digelar pada harini kembali melahirkan beberapa amanah yang tidak ringan. Tantangan semakin besar, mengharuskan kita memutar otak untuk menyumbangkan yang terbaik dari kita untuk nusa dan bangsa.

Kita pramuka penegak dan pramuka pandega adalah pemuda, tahukah kakak-kakak betapa pentingnya peranan pemuda dalam masyarakat ? Pemuda sangan penting dalam kehidupan masyarakat karena pemuda bisa meneruskan kelakuan baik dimasyarakan ataupun dibangsa .

Masyarakat membutuhkan peran serta pemuda untuk kemajuan bersama. Pemuda adalah tulang punggung masyarakat. Generasi tua memilki keterbatasan untuk memajukan bangsa. Generasi muda harus mengambil peranan yang menentukan dalam hal ini. Dengan semangat menyala-nyala dan tekad yang membaja serta visi dan kemauan untuk menerima perubahan yang dinamis pemuda menjadi motor bagi pembangunan masyarakat. Sejarah membuktikan, bahwa perubahan hampir selalu dimotori oleh kalangan muda. Sumpah pemuda, proklamasi, pemberantasan pki, lahirnya orde baru, bahkan peristiwa turunnya diktator soeharto dari singgasana kepresidenan seluruhnya dimotori oleh kaum muda. Kaum muda pula yang selalu memberikan umpan balik yang kritis terhadap pongahnya kekuasaan.

Ini menunjukkan bahwa pemuda memegang peranan yang sangat besar di dalam proses perubahan dan pertumbuhan serta perkembangan suatu masyarakat. Meskipun demikian, fakta menunjukan bahwa tidak semua pemuda memiliki semangat juang yang positif. Maraknya penggunaan narkoba serta penyalahgunaan obat-obat bius lainnya memaksa kita untuk menyadari bahwa banyak sekali yang harus dilakukan untuk membina kaum muda agar energinya yang sangat banyak tersalur kepada hal-hal yang positif. Dengan demikian, dibutuhkan pembinaan yang intensif terutama pembinaan moral agar pemuda memiliki rasa tanggung jawab untuk membangun serta berjuang untuk kemakmuran rakyat, tidak hanya untuk kepentingan pribadinya. Pembinaan dan pendidikan juga terutama ditujukan pada tumbuhnya kesadaran karna tugas manusia sebagai khalifah tuhan di dunia dan dan sebagai individu yang harus berserah diri kepada allah swt.

Program yang menerapkan agar pemuda berjiwa mandiri, bertindak tangkas, berani karena benar, dan mendidik agar memelihara kesatuan, semua itu ada di gerakan pramuka, kakak-kakak bisa lihat pada try satya dan dasa darman gerakan pramuka. Kita para pemuda yang telah memilih untuk ikut bergabung di gerakan pramuka ini sudah melakukan pilihan yang tepat. Karena gerakan pramuka banyak melahirkan pemimpin-pemimpin di negeri ini. Salah satunya kita bisa melihat para senior kita yang pernah aktif di gerakan pramuka tanah datarr diantarnya
 Kakak doni frengky dulu pernah menjabat sebagai ketua dkc tanah datar sekarang beliau menjadi polisi di polres tanah datar
 Kakak anton yodra dulu juga menjabat sebagai ketua dkc tanah datar sekarang menjadi toko pemuda di tanah datar
 Kakak bambang herianto juga pernah menjadi ketua dkc tanah datar dan sekarang menjadi pegawai negeri di pemda tanah datar
 Kakak naswardi juga merupakan ketua dkc tanah datar periode sebelum kami sekarang beliau aktif di toko pemuda muhammaddya dan lembaga perlindungan anak indonesia.

Itu sebagain kecil contoh-contoh keberhasilan dari pembianan yang dilakukan oleh gerakan pramuka, keberhasialan dewan kerja cabang gerakan pramuka tanah datar periode 2006-2011 tidak lepas dari arahan dan binanaan para senior dan andalan gerakan pramuka tanah datar. ” mancalik contoh ka nan sudah, mancalik tuah ka nan bana”

Kakak-kakak yang berbahagia,

Selama kami menjabat sebagai pengurus dewan kerja cabang gerakan pramuka tanah datar, mungkin banyak tingkah laku dan sikap kami yang kurang baik dan sopan terhadap kakak-kakak di kwartir cabang gerakan pramuka tanah datar. Melalui kesempatan ini izin kan saya mewakili pengurus dewan kerja cabang gerakan pramuka tanah datar menghaturkan maaf yang sebesar-besarnya kepada kakak-kakak semuanya. Didikan kakak-kakak yang keras terhadap kami, itu merupakan penyemangat bagi kami dalam berkerja untuk mencapai tujuan yang maksimal. Sedikit pun kami tidak akan dendam, dan tidak akan melupakan jasa-jasa kakak dalam mendidik dan membina kami sehinga kami menjadi orang-orang yang memiliki keperipadian, kemandiran dan kekuatan dalam menjalani hidup ini serta menghadapi tantang di masa depan.

Terimakasih yang sebesar-besarnya dan penghargaan yang setinggi-tingginya penghargaan yang setinggi-tingginya kami sampaikan kepada semua yang telah membantu kami menyelesaikan amanah yang kami emban, tidak perlu memicingkan mata.... Bawah prestasi telah kami ukir dimasa kejayaan,... Namun tidak pula kami mengelak dari amanah yang diembankan kepada kami masih ada ayng belum dapat kami persembahkan.
Kami berharap kepada dkc yang akan datang dapat mengambil contoh dari sedikit kebaikan yang kami lakukan... Dan dengan semangat yang tinggi, beribu harapan menunggu karya terbaik dai insan-insan terbaik di tanah datar, tantangan semangkin berat, badai semakin dahsyat. Alam takambang jadi guru. Kakak-kakak pengak dan pandega, kita harus ingat bawah semangat muda adalah semangat perubahan “untuk melakukan suatu perubahan bukanlah tugas yang mudah. Kadang kita dihina, dicaci, diremehkan dan bahkan difitnah. Kita harus berterimakasih kepada mereka untuk menunjukkan dan membuktikan bahwa kita bisa. Semua tantangan itu akan dapat teratasi.”
Akhir kata pada kesmpatan yang berbahagia ini, perkenankan saya mengucapkan terimah kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini, semoga tuhan yang maha esa mengaruniakan kekuatan bagi kita sekalian. Dalam meneruskan bakti bagi agama, negara dan bangsa sesuai motto gerakan pramuka ” satyaku kudarmakan darmaku kubaktikan”
Wassalammualaikum w.w
Salam pramuka


Batusangkar, 08 maret 2011
Dewan kerja cabang
Gerakan pramuka tanah datar
Ketua



Yhohannes noeldy

Comments :

0 komentar to “SAMBUTAN KETUA DEWAN KERJA CABANG GERAKAN PRAMUKA TANAH DATAR PADA MUSYAWARAH PRAMUKA PENEGAK DAN PANDEGA PUTERI PUTRA TAHUN 2011 SELASA, 08–03-2011”


Posting Komentar

Pengurus DKC Tanah Datar Masa Ke masa

Album Kenangan Kwarcab Tanah Datar